INTELEKTUAL PROFETIK KAMMI

Pemuda Intelektual Profetik

Pemuda Intelektual Profetik

Makna intelektual profetik adalah kaum intelektual yang memiliki misi kenabian. Ilmu yang diperolehnya ditransformasikan dalam realitas sosial denga spirit Ilahiyah. Dalam konteks ini, terjadi kolaborasi dunia “langit” dan dunia “bumi.” Langit adalah simbol spiritual, sedangkan bumi simbol keduniaan, kefanaan.

Perjalanan sejarah KAMMI menuntut harakah thulabiyah ini memodifikasi arah geraknya dan memberi titik tekan pada gerakan intelektual-tentunya dengan konsepsi yang jelas dan baku. Dalam Garis-garis Besar Haluan Organisasi [GBHO] KAMMI yang dirumuskan pada Muktamar IV Samarinda, dicantumkan:

  1. Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan yang meletakkan keimanan sebagai ruh atas penjelajahan nalar akal
  2. Gerakan Intelektual Profetik merupakan gerakan yang mengembalikan secara tulus dialetika wacana pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal
  3. Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan yang mempertemukan nalar akal dan nalar wahyu pada usaha perjuangan, perlawanan, pembebasanm pencerahan, dan pemberdayaan manusia secara organik. [GBHO KAMMI Bab VI Pasal 7 Ayat 2]

Iman sebagai landasan gerak dan pengendali jelajah akal. Dan humanisme universal adalah prinsip yang wajib dipegang. Di sini kita tidak sedang membayangkan intelektual sebagaimana penggerak Jaringan Islam Liberal yang sempat menuai vonis mati para ulama, kita juga tidak sedang membayangkan kaum Mu’tazilah yang dalam sejarah memberlakukan al-mihna (siksaan fisik) kepada Imam Ahmad dan ulama ahlus sunnah lain.

Intelektual profetik adalah proses membangun kesadaran, membentuk paradigma dan menggerakkan secara massif dan organik. Intelektual profetik lahir bukan hanya untuk berwacana atau menenggelamkan diri dalam lautan buku dan diskusi belaka, namun untuk membentuk pejuang Islam yang cerdas, berpihak pada rakyatnya dan berjuang dalam konteks kekinian. Mengandalkan jaringan, kekuatan internal, berenang dalam kolam demokrasi dan memenangkan pertempuran.

Sumber:

IJTIHAD Membangun Basis Gerakan_Amin Sudarsono [Ketua Departemen Kastrat PP-KAMMI]

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: